Boneka-boneka Terkutuk Yang Memiliki Kisah Seram

Boneka-boneka terkutuk dapat dilukiskan dalam film Chucky. Dalam film ini boneka yang bernama chucky ini dirasuki oleh roh jahat, chucky yang jahat ini akan membunuh orang-orang yang menghalangi tujuannya. Bagaimana jika kisah ini terjadi di dunia nyata ? Tentu menyeramkan, tak kalah seram dengan film Chucky, ada boneka-boneka yang memiliki kisah seram, berikut nama-nama boneka yang terkenal akan kisah seramnya dan dipercaya hidup :

  1. Harold

    Boneka ini diperkirakan dibuat tahun 1930. Dengan kondisi yang sudah compang-camping ternyata boneka ini dapat bergerak sendiri bahkan ada suara terdengar dari boneka tersebut.

  2. Mandy The Doll

    Mandy the Doll sekarang dipajang di Quesnel Museum di Old Cariboo Gold Rush Trail, British Columbia. Mandy didonasikan ke museum di 1991. Saat itu baju yang dikenakan sangat kotor, badannya rusak dan kepalanya penuh dengan retakan. Saat di periksa, umur Mandy bisa dibilang sangat tua yaitu 90 tahun. Perempuan yang mendonasikan Mandy, Mereanda, mengatakan kepada museum bahwa ia selalu bangun di tengah malam dan selalu mendengar bayi menangis di basement. Ketika diperiksa, ia menemukan bahwa jendela di dekat boneka terbuka, padahal sebelumnya jendela dalam keadaan tertutup. Setelah boneka tersebut didonasikan ke Museum, ia tidak pernah lagi diganggu oleh suara tersebut.

  3. The Devil’s Baby Doll

    Boneka dengan ukuran bayi asli ini adalah boneka terseram yang dapat kita lihat. Dengan kulit berwarna merah an bola mata kaca berwarna biru terang. Kelucuannya tertutupi oleh iblis yang bersemayam di boneka tersebut. Boneka ini sangat tidak disarankan untuk dijadikan mainan anak, karena aslinya diberikan sebagai hadiah untuk temannya yang telah meninggal. Tetapi boneka ini dapat bergerak sendiri dan sering terdengar raungan aneh dan bunyi-bunyi aneh darinya.

  4. Pupa

    Pemilik awalnya memiliki boneka ini pada umur 5-6 tahun (1920-an) sampai ia meninggal di bulan July 2005. Boneka ini luput dari kehancuran Perang dunia kedua dan beberapa kecelakaan yang menyebabkan boneka ini hancur. Boneka ini selalu dibawa oleh pemiliknya kemanapun ia akan pergi, sama seperti Harold.

    Pupa dikatakan dapat bergerak sendiri. Sering dilihat mendorong barang di sekitar tempat pajangan di rumah pemiliknya. Sampai pemilik awalnya meninggal, pupa menjadi sangat aktif dan seperti ingin dilepaskan dari tempatnya disimpan. Boneka ini dikenakan pakaian baju biru. Ia sering dilaporkan mengganggu orang yang merawatinya. Sering pula Pupa berada di tempat yang berbeda daripada tempat terakhir ia dilihat. Ada kejadian keluarga tersebut mendengar seseorang mengetuk kaca saat mereka melewati kotak pajangan tempat Pupa disimpan. Ketika mereka melihatnya, mereka melihat bahwa tangan Pupa berada di kaca dan posisinya berbeda dari sebelumnya.

  5. Allice

    Allice tinggal bersama pemiliknya Marie Ford di Washington. Boneka ini membisikan suara jika kamu mendekatkan telingamu ke bibir boneka. Matanya akan mengikutimu saat kamu ada di ruangan ini dan ekspresinya akan berubah jika ia tidak menyukaimu. “Boneka ini milik keluargaku untuk beberapa tahun ini dan selalu disimpan di box boneka yang terkunci” kata Marie. “Nenekku mengatakan bahwa boneka itu dirasuki oleh roh “teman dekat” Alice yang meninggal”. “Aku telah menangkap EVP darinya, dan kalimat yang sering diucapkan “I want to be left alone to suffer”.

  6. Robert The doll

    Boneka ini sebelumnya dimiliki oleh seorang painter Robert Eugene Otto dari pengasuhnya. Banyak gosip mengenai pengasuhnya ini, ada yang mengatakan pengasuhnya ini mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan dari orang tua Eugene, sehingga untuk membalas dendam ia memberikan boneka terkutuk ini untuk Eugene. Tetapi Eugene menganggap pemberiannya ini sebagai tanda cinta pengasuhnya, sehingga ia menamainya Robert dan memakaikan baju kepadanya. Selama hidup Eugene, Robert selalu berada di sisinya.

    Sebulan setelah kedatangan Robert di rumah keluarga Otto, gangguan mulai muncul. Barang-barang suka hilang dan rusak, dan Eugene memiliki kebiasaan yang aneh, sering keluar dari jendela kamarnya dan jalan-jalan di tengah malam. Suatu ketika Eugene dipergoki keluarganya, tetapi ia menjawab “Robert yang melakukannya”.

    Sekarang Robert bersemayam di Historic Custom House dan dipajang di display tertutup rapat. Ia masih mengenakan baju sailor suit Eugene dan memeluk teddy bear. Beberapa pengunjung menyimpan permen pepermint di depan displaynya dan sewaktu dikunjungi lagi hanya akan tersisa bungkusnya yang berserakan di sekitar Robert.

  7. Joliet The Haunted Cursed Doll

    Joliet adalah boneka terkutuk dan berhantu. Cerita mengatakan bahwa Joliet berasal dari 4 generasi sebelumnya, dari sebuah keluarga. Anna G mengatakan bahwa boneka ini diturunkan dari ibu ke anaknya dari sebuah keluarga. Dan setiap anak perempuan dikutuk untuk memiliki 2 anak, perempuan dan laki-laki dan setiap anak laki-laki akan meninggal dalam 3 hari. Keluarga ini mempercayai bahwa anak-anak ini dikutuk untuk menempati boneka ini sampai hari penghakiman.

    Joliet sering didengar menangis di tengah malam dengan suara beberapa bayi secara bersamaan. Sering pula didengar suara teriakan yang membuat merinding. “Boneka ini diberikan oleh teman nenek buyutku yang cemburu, ketika ia mengandung anak laki-laki. Sejak itu semua anak laki-laki akan meninggal dalam waktu 3 hari setelah kelahiran. Setiap keluarga mencintai boneka itu dan merawatnya untuk anak-anak yang telah meninggal hingga hari ini. Anakku akan melakukan hal yang sama jika ia sudah dewasa.” kata pemiliknya.

    “Kita tidak pernah untuk mengusirnya, karena kita mengetahui bahwa roh anak laki-laki kami terperangkap didalamnya dan kami tidak ingin melukainya.”

  8. Annabele

    Tahun 1970, seorang ibu berjalan ke toko hoby dan membeli boneka Raggedy-Anne sebagai hadiah untuk anaknya. Lalu mulailah kasus boneka hantu yang tidak biasa. Karena sifat Annabelle yang sangat jahat, di tahun yang sama ia mengganggu dua orang perawat yang menyebabkan dilakukan investigasi paranormal oleh gereja. Sekarang ia dikunci didalam gelas kaca yang tertutup rapat di museum occult untuk mengurungnya.

  9. Haunted Doll Voodoo Zombie

    Cerita ini dikirim oleh seorang perempuan di Galveston, Texas yang membeli boneka Zombie Voodoo Doll yang asli di bulan Oktober 2004. Boneka itu datang dan diikat di box metal. Menganggap bahwa hal itu hanya hiasan, ia mengeluarkan peti mati kecil dan membukanya. “Benar-benar kesalahan terbesar.” katanya dalam keadaan ketakutan. Boneka terkutuk itu menyerangnya berkali-kali. Kekhawatiran nyawanya terancam, ia mengambil tindakan menyimpannya kembali ke boxnya. tetapi boneka itu menyerangnya dalam mimpinya. Akhirnya ia mangambil tindakan lain untuk menghancurkannya, pertama ia membakarnya, tetapi boneka itu tetap utuh tidak terbakar sedikitpun. Kemudian memotongnya dan kemudian menguburnya di kuburan. Tetapi boneka itu tetap muncul di depan pintu rumahnya dengan penuh lumpur.

    Ia mengatakan, ia juga pernah menjualnya kembali, tetapi semuanya tetap sama. Pembeli mengatakan bahwa bonekanya hilang dan ia menemukannya kembali di pintu depannya. Kejadian itu berulang sebanyak tiga kali. Akhirnya ia meminta bantuan pendeta untuk menguncinya di box silver dengan bacaan-bacaan suci dan menyimpannya di atap rumahnya. Foto diatas diambil saat dibuka pertama kalinya sebelum ia mengetahui bahwa boneka tersebut boneka terkutuk.

  10. Jelangkung

    Permainan mistik asli Indonesia dimana permainan yang menggunakan boneka yang terbuat dari tempurung kelapa ini akan berusaha memanggil makhluk gaib untuk masuk ke dalam boneka atau benda yang dibuat menyerupai orang-orangan tersebut dengan mantra manjur “Jelangkung jelangsat, di sini ada pesta, pesta kecil-kecilan. Jelangkung jelangsat, datang tidak diundang, pergi tidak diantar”. Setelah mantera diucapkan maka jelangkung akan bergerak dengan sendirinya

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3776262

About these ads

213 Responses

  1. Posting yang menarik, salam kompak dan semoga sukses.
    Silahkan kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru kami berjudul : “Wisata kepulau Bali”, serta artikel lain yang bermanfaat, dan tolong dikomentarin yaaa. Makasiiih.

  2. nice blog..salam kenal.ditunggu kunjungan baliknya..:)

  3. keren… :)

  4. elujelek

  5. kurang menarik….

  6. juuuuuuuuuuuuuuuuuuuuleeeeeeeeeeeeeeeeeek bangeeeeeeuuuuuuuuuuuuuttttttttttttttttttttt

  7. goooooooooooooooreeeeeeeeeeeeeng paaaaaaaaaaaaaaaattttttuuuuuuuuuuuuuuuuuuuut

  8. wwwwwwwaaaaaaaaawwwwwwwww!!!!!!!!!

  9. facebook.com

  10. hoiiiiii sereeeeeeeeem!!!!

  11. suka deh baca yang serem2 gini, jadi penasaran ma boneka2 tadi… :D

  12. iiiiiiihh seram tuu aku jadi takut !!!

  13. krg mengerikan,,,
    g’ seru,,,

  14. yang terakhir itu yang paling mistis haha

  15. Apa akibat main jelangkung??

  16. knp di dunia ini ada boneka yg sangat menyeramkan sekali dan boneka inggris yg lainnnnnnnnn menyeramkannnnn

  17. ngeri bangetsihhhhhhhhhhh…..

  18. kereeeeeeeeeeeen banget i love this… good luck yaaa

  19. Follow @JELANGKUNG

  20. lumyaaan lach

  21. Memangnya iya?? kalau main Jelangkung itu ya…….bisa kejadian. kir-kira bisa diakhiri kah setelah kita terlibat di dalamnya ??

  22. yeeeeeeeee ,,,,,, serem !!!!

  23. aku gk tkt cuma kgt doang

  24. kok d dunia in hrs ad boneka sih?
    msih mnding bnkany mnis tp knp hrs diciptakan boneka yg seram bngt?????

  25. serem banget sampai ngak bisa tidur,padahal masih siang

  26. iiiiihhhhhhhh kox bnka bzaaaaaaaaaaaaaa sereeeeeeeeeeeeeem bgetz

  27. Ff ROFL Haha http://bitly.com/t0Xbhz t4L

  28. wuiihh kereeenn ,,,
    bsok ak mw melihara boneka ahh :p

    ngga ada yg lebih serem lg ?? :D
    hha ,,

    • adaa elloooooo………………………..
      hahahahaha…………………………………………………

  29. hihihihihihih kikkikkikkik

  30. bwikin degdegan dwekh
    sdikit*_*

  31. Seerammmmmm bgggddddddd o_O

  32. mengerikan semuanya

  33. gambar’nya serem”..sampe deg”an liat’nya..

  34. smua’nya serem..

  35. ngeriii………..!!!!

  36. serem eyyy takut wkwkwkwk

  37. huhuuuuuuu aku paling takut sma boneka nomor 6

  38. gilaaaa serem aq jdi takut nihc,,,,,,,,

  39. gak ada kyoku

  40. buagus buanget gan!!!!!

  41. Lucu lucu ya bonekanya

  42. Keren tapi jg seREM I….Serem.

  43. siapa yg jual kaos caky

    • huuuuuuuu……………………..soo psmberaniiiiii…………………………

  44. buat apa Qt tkut,mendingan Qt tkut zma allahswt

  45. bonekanyaaaa gakkk serem kokkkkkkk
    yg bilank serem zpa……………….???

  46. Mana katanya bonekanya seremm tpi engga.. gk terlalu serem ach boneka nyah coba updat yang lebih serem donk……

  47. ya nih mssa ga trlallu srem sih…

  48. hhhhhhiiiiiii serem
    bngtz tpi msi ada gk yg lbih menyeram kan

  49. merinding

  50. kok srm2 sih crita nya

  51. Sereeem jugak critany

  52. sypa tuh yg blg gk serem ? didatengin beneran aja bru tw rasa .

  53. hi jgn sampe krumah beta

  54. yg terakhir itu mistis buangettttt
    the devill baby doll itu mistis skaleeeee

  55. alice serammmmmm skaleeeeeeeeeeeee
    pupa juga menakutkannnnn

  56. aku jd penasaran ma boneka2 itu…..

  57. waaaaawwwww seru tapi serem yah ih ngeri bunget yah boneka – boneka yang terkutuk ih ngeriiiii

  58. aku takut ih serem

  59. Waw Sekarang gue harus bilang double triple waw ngeri banget…….

  60. Ƴƍ plng serem boneka jalangkung

  61. waw ngeri gua liat ini sampai kencing celana

  62. Aduh merinding Q setelah mwmbacanya
    Ihh seram :D :’( :(

  63. kga serem biasaa ajaaaaaaaaa

  64. ikh serem bangettttt!!!!

  65. allice seremmmmmmmmmmmmmmmmmmmm,,,,,,,,,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  66. Wuach, bonekany ckup mnyeramkan ..
    Qhu zuka yg devil baby’s doll …
    Andai boneka it ada d indonesi & menyeramkan …
    Pazti zeru jg .!!!!

  67. sini aja ke manado ,, blum sempat nakutin orng udah jadi makanan orang pemabuk disini … bahasa manado jadi tola-tola oci atw
    captikus

  68. Gua mau beli boneka satu karna gua suka yg seram

  69. wah serem bnget

  70. siapa yang takut sma boneka kayak gitu he he

  71. beneka nya agak seram tapi menurut ku q nggak takut yg nama nya setan q cuman takut sm Allah

  72. klw q sering ngeliat di tv boneka jelangkunggg!!!!
    dan apakah boneka jelangkung itu beneran??????

  73. Ih serem bgtz gw takut nih!Itu beneran ada gak?Tapi gw gak boleh percaya itu hanya mustahil.Kita hanya boleh percaya sama Allah.s.w.t.Gw gak mau ngeliat ini lagi udah kapok gw.Ayo…percaya Sakura…jgn percaya itu…Thanks ya!buat google tapi gw gak percaya.You know!

  74. Waduh. . . .

    Tgang bngetzzzzzzzz gue bca ceritanya

  75. Hey jangan internet nanti aku hantui kalian

  76. Podo bicoro opo sih

  77. tp ko saya ga bisa ya manggil roh lewat boneka jelangkung

  78. wow SuPeR SeRaM.

  79. wow SuPeR SeRaM.

  80. Serem buangetszz…..

  81. Serem…coy

  82. gax da itu yg thu ma allah yg maha kuasa..

  83. gax serem kox!<<<

  84. gilaaa jelangkung masuk

  85. caky
    j[lj;jto;gj

  86. (“ich,,nyerm’n bngt dn buat bulu kutuk gwa m’rinding sumpah.cius ko eneran.”):(

  87. ngeri banget

  88. kenapa begini

  89. Serem

  90. Boneka boneka di dunia ini yg menyeramkan menurut saya di indonesia yg plng menyeramkan adlah jelangkung

  91. Mistiss banget sihh. Suka alay deh. (•_•)

  92. Mistiss,percaya gak ya yg kyk begituan.Suka alay deh (•_•)

  93. [...] Sumber : Boneka-boneka Terkutuk Yang Memiliki Kisah*Seram | Joy HomeWork [...]

  94. serem

  95. Serru!

  96. Boneka allice di kasih k****l pasti ekspresinya langsung suka.. ^_^

  97. boneka apaan tuh, di kasih nuklir juga ancur.. kalo jelangkung percaya gua. klo yg ngisi dajjal gimana ?? setuju RT !!

  98. loe boleh takut sama tuhan lo, tpi cek dulu diri sendiri. sdh merasa suci kah ? orang yg suci itu pertanda betul2 takut sama tuhannya, ga berani melakukan dosa sembarangan. jangan cuma omongan dimulut, ketemu kuntilanak sendiri aja udah takut…

  99. ehmm….

    cukup menarik,boleh di coba tuchh heheheh…….

  100. serem juga

  101. Wah menyenangkan banget

  102. Di lesung aie juga ada

  103. hii…..ngeri banget!!!

  104. Hmm it appears like your website ate my first comment (it was super long) so I guess I’ll just sum it up what I submitted and say, I’m thoroughly enjoying your blog.
    I as well am an aspiring blog blogger but I’m still new to the whole thing. Do you have any tips for newbie blog writers? I’d
    certainly appreciate it. Drive more Site visitors by means of twitter followers for your User
    profile effective approach.
    It is possible to twitter for business through numerous retailers on very
    affordable fees.
    Totally free in order to buy targeted twitter
    followers, we can easily assist you!

  105. Hem,cerita.a serem yea ap lg adegan.a dilakukan oleh boneka,huuuhft

  106. Jalangkung taiiiiiii

  107. Boneka itu sebaiknya disimpan dengan baik

  108. untung boneka yg di rumah ku lucu smua
    ga ada yg sama sprti boneka yg diatas…

  109. seremmmmm?

  110. Hemm (y) cerita’x menarik , ad niat…
    Buat punya boneka gituan !!!
    Belli’x dmna yah ? :D

  111. IHIHIHIHIHHI


    SERREMMMM

  112. nggak serem ah ,, apa ada yg lbh serem lg?

  113. preet!

  114. Boneka allice seremmmmmmm bangt ceritanya

  115. serem banget boneka nya :(

  116. boneka jelangkng sangat seram ;)

  117. jadi bikin merinding bulu kuduk :(

  118. Sangat mengerikaaaan hahaha

  119. Annabelle bonekanya bagus tapi ngeri juga xD @TheConjuring

  120. ajibbbb

  121. Anabelle y̅ªήg̲̅ terseram…….. Aku dah nonton the conjuring….. Seram dehh……..

  122. like annabell and Robert The doll

  123. Hii seremm..untung image tak off,jd gk bs liat yg melotot2 :D .btw ni kayaknya google translate yah? Acak2an bhasanya .piz ^^

  124. wah it nyata dak ya n serem2 amat.

  125. wawww…….. seremmm…….:D;)

  126. saya teringat boneka almarhum oma saya,dulu sempat di berikan kepada saya waktu saya usia 5 tahun,saya namakan Ling2,boneka lucu,bermantel orange peris bayi 4 tahun,matanya biru terang,kalau suasana gelap,matanya bersinar,terkadang saya merinding jika melihatnya,padahal hanya halusinasi saja..tapi terkadang saya melihatnya spt nyata,ketika oma saya meninggal,mama saya menyimpan boneka itu dalam lemari kaca.

  127. yang paling serem robert the doll

  128. Hu memang kalau boneka gituan mesti ada hantunya

  129. “I get you,you
    are dead

  130. sebaik ny kta tdk menulis kata2 yg tdk masuk akal

  131. yunita komentar itu boneka setang tauuuuuuu

  132. ih serem buanget y!

    • Sereman no.8 aku pernah nonton judul nya THE CONJURING di bioskop kalo yang punya kaset nya pasti gak serem kan suara nya gak keras di bioskop pasti seru menegangkan

  133. Aku gak percaya jelangkung boneka itu bohongan kenapa sih kalian percaya sama roh atau hantu itu cuman nakutin kita aja tapi yang sebenarnya tidak ada kamu mau di tipu jadi takut kalau gak ada yang nganterin pulang jalan dah sepi gak ada motor atau mobil lewat kamu sendiri isya allah aku berani

  134. Kenapa bonekanya harus di ubah ? jadi serem yang asli nya gak rada takut gitu bener ya kata dia

  135. Jangan omongin saya nanti kalian taruhannya bukan keluarga dia aja tapi kamu yang saya ganggu

  136. Hello, for all time i used to check web site posts
    here in the early hours in the break of day, because i like to find out more and more.

    get free twitter followers it will be an exceptionally smart investment decision for ones
    organization.
    you always could buy twitter followers cheap from legit providers for cheap and
    also protect
    get twitter followers free is actually good for your own facebook affiliate
    marketing
    buy twitter followers for a discount and also quick,
    Get Real likes for the page.
    Buyers may buy real twitter followers by means of a large number of cost-effective solutions.

  137. Serem bnget fotonya sama ceritanya!

  138. ada yang kenal sony dia tinggal di teluk betung
    kalau ada bilang ama dia ana suruh ke sdn 12 hari rabu ada budak ajak tanding bola plis ygtau kasik tau lah

  139. wkwkwkwkwkw

  140. Ceyem abis..

  141. Howdy I am so excited I found your webpage, I really found you by accident, while I was
    researching on Askjeeve for something else, Anyhow I am here now and would just
    like to say thanks for a fantastic post and a all round entertaining blog
    (I also love the theme/design), I don’t have time to browse it all at the minute but I have bookmarked it and also included your
    RSS feeds, so when I have time I will be back to read more, Please do keep
    up the fantastic work. buy youtube views Simply no Code along with With
    no Subsequent.
    you always may youtube views through legitimate companies at a discount as well as secure
    youtube views Low-cost along with Protect for youtube profile.

    youtube views Inexpensive along with Safeguarded with regard to youtube bank account.

  142. NgeriiiiiiIiiii banget. gambarnya seremmmmmmmm banget

  143. Sangat menginspirasi, terbukti boneka annabell dijadikan salah satu fragment dalam film The Conjuring.

    Salam kepada pengunjung blog ini, jika sempat silahkan mengunjungi website kami :)
    http://www.baliredphotography.com

  144. Tolong y, jangan percaya pada hantu-hantu, dan cara mencegah-nya denggan berdoa/ beribadah setiap hari, sekian dari saya, semoga komentar ini sangat bermanfaat bagi semua para pembaca-nya. Terima kasih.

  145. kalau kita percaya ada Tuhan jangan takut sama kaya gituan oc

  146. Emg serem yha???
    Menurut gw gk terlalu dhe..!!
    Mlah gw tertarik bca” kya gtu an.. :)
    cba lebih banyak lg cerita nya pasti seruu !!!

    Gw setuju thu ama abigail,,, kalo kita percaya ada Tuhan pasti smua nya tenang…. :)

  147. ko di dalam cerita emang asli ya …?

  148. wuih apa itu nyata

  149. Seramya semoga boneka kesayangan ku tidak begitu nama nya dede babi

  150. Itu bohong koplo

  151. Serem kalo saya ketemu setan say bilang cok

  152. woooww keren,
    gua juga punya gn?

  153. itukan cuman cerita, tergantung kita mw percaya/tdak…

  154. Seram bgt si jadi merinding hihihihi

  155. Iya nih serem bgt lg gue jadi tkt

  156. Boneka ini gx serem ahkk

  157. Ih…..seremmm boneka hantunya..:(

  158. Ihhhh seremm boneka chukynya. ;(

    by elza 5a

  159. Anjing tadi yang pertama gonggongg bodok. Kaya tai. Terus you asu

  160. Hey There. I discovered your weblog the use of msn.
    That is a very neatly written article. I will make sure to bookmark
    it and come back to read more of your helpful information. Thank you for
    the post. I’ll definitely comeback. buy twitter followers, choose the
    package that will best fits your wants.
    you can actually buying twitter followers, The facebook fans/likes
    and YouTube sights and remarks.

  161. Terlalu seram untuk anak-anak. Kadang anak-anak yg melihat boneka ini terbawa mimpi.

  162. Iii!!!ch serem nya,,, bk!n mrnding aja :-!

  163. Thanks for a marvelous posting! I actually enjoyed reading it,
    you are a great author. I will always bookmark your blog and will come back
    at some point. I want to encourage you to continue your great posts, have
    a nice day! facebook for business help out with growing consumer bottom,
    search engine ranking positions, etc .
    If you need to cheap facebook likes be sure you keep your facebook
    profile up-to-date.

  164. Wah sereeeeeme ya cerita bonekanya nuhun atur nuhun abdi urang sunda

  165. hhhmmm ya lumayan la”seerreemmm
    bkn bulu q merinding ne
    ”(by elysa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: