Yesus Membangkitkan Orang Mati, Percayalah !

Bacaan ini diambil dari Injil Yesus Kristus menurut Yohanes (11:1-45), yang menceritakan bahwa Yesus membuat mukjizat dengan membangitkan seseorang yang telah meninggal bernama Lazarus. Berikut kisahnya :

Ada seorang yang sedang sakit, namanya Lazarus. Ia tinggal di Betania, kampung Maria dan adiknya Marta. Maria ialah perempuan yang pernah meminyaki kaki Tuhan dengan minyak mur dan menyekanya dengan rambutnya.

Dan Lazarus yang sakit itu adalah saudaranya. Kedua perempuan itu mengirim kabar kepada Yesus: “Tuhan, dia yang Engkau kasihi, sakit.” Ketika Yesus mendengar kabar itu, Ia berkata: “Penyakit itu tidak akan membawa kematian, tetapi akan menyatakan kemuliaan Allah, sebab oleh penyakit itu Anak Allah akan dimuliakan.” Yesus memang mengasihi Marta dan kakaknya dan Lazarus.

Namun setelah didengar-Nya, bahwa Lazarus sakit, Ia sengaja tinggal dua hari lagi di tempat, di mana Ia berada, tetapi sesudah itu Ia berkata kepada murid-murid-Nya: “Mari kita kembali lagi ke Yudea.” Murid-murid itu berkata kepada-Nya: “Rabi, baru-baru ini orang-orang Yahudi mencoba melempari Engkau, masih maukah Engkau kembali ke sana?”. Jawab Yesus: “Bukankah ada dua belas jam dalam satu hari? Siapa yang berjalan pada siang hari, kakinya tidak terantuk, karena ia melihat terang dunia ini. Tetapi jikalau seorang berjalan pada malam hari, kakinya terantuk, karena terang tidak ada di dalam dirinya.”

Demikianlah perkataan-Nya, dan sesudah itu Ia berkata kepada mereka: “Lazarus, saudara kita, telah tertidur, tetapi Aku pergi ke sana untuk membangunkan dia dari tidurnya.” Maka kata murid-murid itu kepada-Nya: “Tuhan, jikalau ia tertidur, ia akan sembuh.” Tetapi maksud Yesus ialah tertidur dalam arti mati, sedangkan sangka mereka Yesus berkata tentang tertidur dalam arti biasa. Karena itu Yesus berkata dengan terus terang: “Lazarus sudah mati, tetapi syukurlah Aku tidak hadir pada waktu itu, sebab demikian lebih baik bagimu, supaya kamu dapat belajar percaya. Marilah kita pergi sekarang kepadanya.” Lalu Tomas, yang disebut Didimus, berkata kepada teman-temannya, yaitu murid-murid yang lain: “Marilah kita pergi juga untuk mati bersama-sama dengan Dia.”

Maka ketika Yesus tiba, didapati-Nya Lazarus telah empat hari berbaring di dalam kubur. Betania terletak dekat Yerusalem, kira-kira dua mil jauhnya. Di situ banyak orang Yahudi telah datang kepada Marta dan Maria untuk menghibur mereka berhubung dengan kematian saudaranya.

Ketika Marta mendengar, bahwa Yesus datang, ia pergi mendapatkan-Nya. Tetapi Maria tinggal di rumah. Maka kata Marta kepada Yesus: “Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati. Tetapi sekarangpun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau minta kepada-Nya.” Kata Yesus kepada Marta: “Saudaramu akan bangkit.” Kata Marta kepada-Nya: “Aku tahu bahwa ia akan bangkit pada waktu orang-orang bangkit pada akhir zaman.” Jawab Yesus: “Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?” Jawab Marta: “Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia.”

Dan sesudah berkata demikian ia pergi memanggil saudaranya Maria dan berbisik kepadanya: “Guru ada di sana dan Ia memanggil engkau.” Mendengar itu Maria segera bangkit lalu pergi mendapatkan Yesus. Tetapi waktu itu Yesus belum sampai ke dalam kampung itu. Ia masih berada di tempat Marta menjumpai Dia. Ketika orang-orang Yahudi yang bersama-sama dengan Maria di rumah itu untuk menghiburnya, melihat bahwa Maria segera bangkit dan pergi ke luar, mereka mengikutinya, karena mereka menyangka bahwa ia pergi ke kubur untuk meratap di situ. Setibanya Maria di tempat Yesus berada dan melihat Dia, tersungkurlah ia di depan kaki-Nya dan berkata kepada-Nya: “Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati.” Ketika Yesus melihat Maria menangis dan juga orang-orang Yahudi yang datang bersama-sama dia, maka masygullah hati-Nya. Ia sangat terharu dan berkata: “Di manakah dia kamu baringkan?” Jawab mereka: “Tuhan, marilah dan lihatlah!”. Maka menangislah Yesus.

Kata orang-orang Yahudi: “Lihatlah, betapa kasih-Nya kepadanya!”, tetapi beberapa orang di antaranya berkata: “Ia yang memelekkan mata orang buta, tidak sanggupkah Ia bertindak, sehingga orang ini tidak mati?” Maka masygullah pula hati Yesus, lalu Ia pergi ke kubur itu. Kubur itu adalah sebuah gua yang ditutup dengan batu.

Kata Yesus: “Angkat batu itu!” Marta, saudara orang yang meninggal itu, berkata kepada-Nya: “Tuhan, ia sudah berbau, sebab sudah empat hari ia mati.” Jawab Yesus: “Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?” Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: “Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku. Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.” Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: “Lazarus, marilah ke luar ! ”. Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: “Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi.” Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya.

“BERBAHAGIALAH ORANG YANG TIDAK MELIHAT NAMUN PERCAYA” (Yohanes 20:24-31)

About these ads

30 Responses

  1. hai manusia percayalah… bahwa yang menghidupkan dan mematikan semua makhluk yang ada dilangit dan dibumi tanpa terkecuali adalah zat yang maha kuasa… yang tidak dapat dijangkau oleh apapun walaupun dengan teknologi yang paling canggih sekalipun… kecuali dengan iman dan hati yang bersih yang bisa merasakan bahwa segala apa yang ada dilangit dan dibumi adalah bisa terjadi hanya semata karena izin dari zat yang maha kuasa dan maha besar….

  2. dan satu hal lagi yang perlu kita ketahui….
    bahwa yesus itu adalah nabi isa salah satu dari ribuan bahkan jutaan nabi yang tuhan ciptakan untuk membimbing manusia kejalan yang benar.. jadi yang perlu kita puji adalah tuhan yang memberikan kelebihan kepada nabi isa atau yesus yang kalian maksud.

    • Tapi jujur aja gua Lebih percaya sama Manusia yang penuh kasih dan sanggup membangkitkan orang mati, ketimbang sama nabi yang kawin sama anak dibawah umur 9 taon. thanks

      • kalau you percaya pada manusia yang membangkitkan orang mati dan penuh kasih sayang berarti you harus percaya kalau yesus manusia biasa bukan tuhan ato nabi bro

      • Sorry ni,,,kalau Yesus bisa membangkitkan orang mati,knpa dia nggak bangkitkan dirinya sendiri….hohohoho

      • bukannya Tuhanbisa membangkitkan orang mati dengan kuasa Allah?

    • bitch please
      yesus bukan nabi isa tapi orang yg mukanya diserupai seperti nabi isa as oleh allah swt.orang itu adalah penghianat nabi isa kalo gk salah namanya yakuza , nabi isa sampe sekarang blm meninggal tapi dia diangkat oleh allah swt entah kemana tapi nanti pas hari kiamat nabi isa datang lagi untuk memusnahkan benda haram seperti babi,salib,dll

  3. aku percaya Yesus Kristus kami amin,,,

  4. i believe in YOU JESUS .

  5. Dia bangkit coy bukan TIDAK !! dalam arti Dia HIDUP !! memang kita tidak bisa melihatNYA tapi kita bisa merasakan bukan kasih karuniaNYA ? contohnya seperti anging , tidak dapat dilihat tapi dapat di rasakan . thx guys . i love JESUS FOREVER AND EVER .

  6. Tahukah saudara jika:

    * Natal sama sekali tidak ada dasarnya menurut alkitab?
    * Natal telah ada ratusan tahun sebelum Masehi?
    * Natal ialah dirayakan oleh kaum pagan penyembah berhala?
    * Natal ialah perayaan kelahiran dewa matahari romawi?
    * Natal dilarang gereja ratusan tahun lalu?
    * alkitab menolak Yesus lahir 25 Desember?
    * Alkitab mengatakan Yesus lahir di musim panas?

  7. I love Jesus forever. Dia mati untuk kita semua. Berbahagialah orang yg tdk melihat tpi percaya.

  8. akh saya gk percya , apa buktinyaa

  9. Islam itu adalah agama yang di sempurnakan. Dan sudah jelas bahwa di AL-QURAN nabi Muhammad adalah utusan ALLAH.Dan AL-QURAN adalah kitab ALLAH.Aku percaya bahwa bukan yesus Tuhan kita melainkan ALLAH SWT.

  10. hehe.agama kok diperdebatkan.apalagi yg debat sesama agama samawi.yg namanya yahudi.katholik.kristen.islam itu satu rumpun perjanjian lama.rumpun samawi namanya.amat bodoh kalo saling debat.haha.semua agama baik.kadang orangnya saja yg berpikiran sempit n picik dan kurang pengetahuan jd saling menghina dgn dalih tdk masuk akal.yg namanya keyakinan itu dihati bos.bukan diukur dgn hukum fisika.salam bagi kita semua

  11. @The Saint: Ia semua agama memang mengajarkan kebaikan.., tapi hanya melalui Isa sajalah jalan Kebenaran dan hidup..

  12. Sejak nama Yesus Kristus berubah menjadi Isa, mulai saat itulah status Yesus Kristus dipermasalahkan.

    Jelas nama seseorang tidak bisa diterjemahkan / berubah walupun ditulis dalam bahasa apapun.

    Jadi kalau tidak tahu siapa Isa di AlQuran dan siapa Yesus di Injil, maka akan timbul salah paham yang tidak berkesudahan.
    Memang kedua nama tersubut untuk satu tokoh yang berhubungan dengan Injil, tetapi kharisma dari antara kedua nama tersebut berbeda.

    Lihat: http://hubungantersembunyi.blogspot.com/

  13. BODOH !!!!! TOLOL !!!! KALIAN SEMUA ….!!!!!!
    buat apa agama di perdebatkan …..
    klo gua NETRAL bro … gua ngerasa gua ga zempurna … jg gua percaya hanya 1 … bukan Yesus ato Allah … tapi TUHAN TANG MAHA ESA …..
    Buat loe loe smua jgn sok suci dehh …..
    pake debat soal ketuhanan lg ….
    anjink tai loe ….!!!!!!

  14. islam itu agama yang nyontek dari yahudi dan nasrani..
    lihat aja tuh kelakuan umat muslim,mereka bner2 dcuci otak sama muhamad,masa agama ngajarin membunuh dan membenci org..bukankah tuhan itu mnciptakan manusia,n dia tdak prlu dibela..
    lihatlah alam skitarmu, apakah mreka mnggunakan hkum syariah,apkah mreka sholat..
    lihatlah sejarah agama islam smpai saat ini, bahwa nabi mereka adalah nabi palsu yg dinubuatkan injil..sekiranya agama islam adalah agama penentang agama Al Masih..dan ajaran mereka mengaku-ngaku dari Allah tapi sbnernya berasal dari Iblis..
    bisa diliat dari pngikutnya kan..sesama muslim aja uda bunuh2an apalagi k non muslim..untung aja org indo msih ada budaya Hindu-Budha nya..klo ga gt negara kita akan mnganut budaya Islam yg notabene budaya negara2 timur tengah yg sadis itu..
    setidaknya kalian(muslim) mengaca trlebih dahulu,jstru kalian yg trdapat dlam ksesatan krna agama kalian bukanlah agama damai..seandaikan kalian mau jujur n mengakui…
    semoga Allah pncipta semesta dan yg mnjadi al-masih (bukan allah buatan muhammad dari salah satu dewa bulan n batu hajar aswad mirip vagina) mengampuni kalian n mnunjukkan jalan yg benar..
    ingatlah jstru kalian yg ga mempergunakan akal dan HATI NURANI…Tuhan tdak bisa dlihat dari akal tapi HATI NURANIMU wahai muslim pengagung nabi non YAHUDI dan PERUSAK MORAL(mnikahi ank kecil dan mnghalalkan pembunuhan) tntu saja mirip bnget yah islam itu sm NAZI HITLER,krna mrasa klompok itu paling istimewa n mulia dari klmpok lain…BHAYA BANGET AGAMA INI.. ckckckk

  15. maaf yah skali lagi..aq mau ngecek lima pilar Islam nih..
    1.adanya syahadat (eh dulu kan syahadat pnyanya agama kristen,nih islam nyontek aja yah,trus jg klo ngucapin syahadat msuk islam,gmpang bnget nih..klo gt nnti kambing2ku aq suruh ngucapin syahadat ahh biar jd islam,kan uda ada janggutnya kyak si nabi palsu)
    2.sholat(wow ini niru2 cara sujudnya kristen di arab n skrg diambil hak alih,soalnya kristen itu mngakui tuhan ada dmana saja jd kita bersujud dlam hati bukan scara fisik aja,of course islam ngaku tuhan hnya ada di mekah aja,soalnya smua arah sujudnya hadep situ..primitif bnget sih..uda gt tiap pmbagian wktu dbelahan dunia itu beda2,seandaikan ada muslim di kutub utara,mereka ga bisa solat dong klo bulan2 trtentu krna mataharinya ga tnggelam2 n ga keliatan bulannya hahaha..tp kasian bnget deh muslim yg seandaikan masa depan ada d planet lain kudu bngung nyari arah k mekah,bego2nya muslim mau dkadalin muhamad biar nyembah hajar aswad n tanah arab..)
    3.zakat(lagi2 niru kristen,tapi ga akurat nih nirunya..soalnya klo zakat hnya untuk sesama muslim aja,klo utk non muslim ga dbolehin sm muhamad,,wah2 pdhal kristen aja ngajarin suruh brbagi k sesama entah itu kristen atau non kristen,ya biasalah agamanya iblis,jelas tmpak mana yg benar n salah,lihat pake AKAL n HATI NURANI dong,masa mau kmbali k jaman primitif n ga bisa dibedain sama hewan sih)
    4.puasa(lagi2 niru lagi,ga habis2nya agama islam nyontek agama kristen,bedanya klo di islam,puasa tuh diwajibin,pdhal klo d kristen diharuskan tp ga dwajibkan krna puasa itu tunduk pnyerahan hati masing2 diri manusia kepada Tuhannya,bukan tunduk kepada perintahnya si muhamad pedofil yg mnikahi janda krna mngincar kkayaannya stlah istrinya mati jd poligami #eh)
    5.berangkaat haji(namanya aja muhamad org arab,psti muslim dsuruh k arab buat nyumbang devisa,biasalah kan muhamad pedagang yg blajar dari istrinya yg janda itu..apa hubungannya coba ke tanah suci sbagai keharusan akan mndapat pahala berlipat2,apakah Tuhanmu sepicik itu,bgaimana utk org yg tdak mampu,btapa kasihannya mereka..lihatlah kota mekah dbangun mnjadi gedung2 tngkat dari uang2 para haji..mngapa kalian tdak berpikir..agama islam nyontek dari kristen n yahudi,krna bagi kami tanah suci adlah yerusalem,n utk k tanah suci,yg ada hnya niatan ingin dekat bribadah scara rohani dan bukan suatu keharusan atau mndapatkan pahala berlebih,karna Tuhan kami maha Penyayang segala ssuatu dan maha mengetahui yang salah dan yg bnar..)
    sbagai ksimpulannya,smnjak muhamad terkena epilepsi dan agak trganggu mentalnya krna hidup masa kecilnya yg memprihatinkan,dngan dibantu pamannya yg beragama kristen si waraqah,dia dkenalkan oleh agama kristen,n mulai mmbikin ajaran baru dan terobsesi sperti hitler utk menaklukkan sluruh dunia pada ideologinya yg bernama Islam dngan mmbangun kkuatan berpikir dngan mnciptakan Tuhan yg sesuai menurutnya serta agar stiap org prcaya bhwa dia nabi dan org suci..pdhal nabi2 lain ga prnah memproklamirkan bahwa dirinya nabi,cuman mngajak org tp ga prnah membangga2kan dirinya nabi lho..lha trus si muhamad ini pngen bnget diakui sbagai nabi..ckckckk dngan mngubah2 ajaran kristen dan yahudi sertamemodifikasi sesuai keinginan muhamad n prlahan2 mulai menyerang agama kristen n yahudi yg notabene ia mmiliki ilmu dari dua agama itu..mmprihatinkan sekali..sudah tmpak jelas di alkitab bahwa akan ada seorang nabi palsu yg akan menghancurkan dunia ini lewat ajarannya yg sadis dan biadab..dan tidak percaya kepada Yesus sebagai tuhan yang telah nyata melalui mukjizatnya yg tdak bisa di nalar,bahwa Tuhan ada secara fisik di tengah2 umat manusia.. :)

    • sungguh bodoh yah yg koment klu ISLAM it nyontek !!
      . loe bilang puasa bukan kewajiban tp keharusan ??
      . ap beda.a wajib dgan harus bodoh?
      . kewajiban it hal yg harus di lakukan dan keharusan it sama sja perlu di lakukan ,,
      . bodohmu deh ,,
      . klu kau percaya yesus it tuhanmu maka silahkan ,
      .tp jgn komentari agama kami se enakmu ,,
      . mmg kamu pikir klu km tuh siapa ?
      . sok tau soal sejarah ,, mmg.a kamu hidup saat it kah ?? at apa kamu ingin menyebut dirimu tuhan krn tau semua.a ??
      . jjr kamu tuh hanya org bodoh yg tak tau apa” ,,
      . yg bisanya menjelek-jelekkan agama org lain ,,
      . km hanya org yg pintar berkomentar tp tak liat dirimu sendiri ,,
      . tuhan yesus ??
      . kalau yesus tuhan maka kamu org bodoh.a ,, yesus it hanya org bodoh yg tak bisa apa” saat menghadapi kematian.a di roma !!

      . aku kasian padamu !!
      . kita liat sja di akhirat nnt ,,
      . siapa yg akan tertawa terakhir
      . ISLAM ataukah KRISTEN !!

      . terima kasih !

  16. hahaha

    . hari gini percaya klu yesus tuhan ??
    . sekumpulan org bodoh ,,
    . yesus it penjahat yg memfitnah nabi ISA a.s , dia di rubah muka.a oleh allah sprti nabi ISA kemudian dy di salib krn Fitnaan.a sendiri kepada nabi ISA ,,
    . nabi ISA belum mati krn terangkat ke langit ke 7 dan jika saat.a tiba dy akan turun untuk memusnahkan DAJJAL yg akan dtan jika hari kiamat sudah dekat ,,
    . please deh jika yesua it tuhan ko’ dy bisa mati ??
    . malah di salib lg dgan pakaian seksi
    . hahaha
    . kalian bilang dy bisa di rsakan sprti angin yg tak terlihat tp terasa !!
    . hahaha
    . BODOHNYA :p
    . kami Islam pantang di hina nabi kami MUHAMMAD S.A.W ap lg menghina tanah suci MEKKAH it sudah keterlaluan ,,
    . klu kalian punya kepercayaan sendiri yah silahkan tp jgn menghina kepercayaan kami org2 Muslim ,,
    . lebih aku pilih tak bisa melihat TUHANKU (ALLAH S.W.T) dr pada tuhan kalian yg pakai pakaian seksi dan di salib ,,
    . apa hebat.a dy ??
    . membela diri saja tdk bisa krn bukti.a saja di SALIB krn tak mampu melakukan perlawanan ,, Yesus it false dan dia LEMAH !!
    . tuhan it adlah ALLAH S.W.T yg bisa menciptakan dan menghancurkan ciptaan.a sendiri dan memiliki kuasa penuh atas hal itu !!
    . tdk sprti yesus yg kata.a tuhan yg menciptakan katanya tp di hancurkan sama ciptaan.a sendiri !
    . adakah yg sprti itu
    hahaha
    . tuhan yesus kalian tuhan yg malang dan lemah !!
    . tdk usalah kalian berkomentar krn kalian kaum KAFIR takkan bisa mengerti !!
    . kalian memulai mengejek panutan kami yaitu NABI MUHAMMAD S.A.W ,, maka aku jg bisa memaki !!
    . ISLAM TAK TAKUT MATI DEMI MEMBELA AGAMANYA !
    . ALLAHUAKBAR !!

  17. hahaha
    . ngaku.a agama mulia kristen dan khatolik !!
    . romo at biasa di sebut pastoor ngaku org mulia ,,
    . tp jika melayani umat.a harus pakai stipendium (bayaran brupa uang) dan jika d tanya kenapa harus seperti itu katanya spya doa cepat sampai kepada tuhan yesus yg seksi itu ,,
    . hahaha ,,
    . bgmna mau jadi agama mulia klu pastur/romo.a minta bayaran klu melayani umat.a ??
    . doako pakai duit ,,
    . yg atas nama YAHUDI mengomentari klu mekka di bangun dgan uang para haji tp sy akan balas klu gereja” d bangun untuk tempat para bapa mencari uang dgan ajaran palsu yg harus di bayar jika melayani umat.a !!
    . ahahaha
    . agama yg mengajarkan jhii CARA MENIPU ORANG LAIN ..
    . bgtu jhii yg kamu banggakan ??
    . kasian deh loe ! :-p

  18. calon2 kayu bakar api neraka. Bagimu agamamu, bagiku agamaku. Itulah ciri khas PENGIKUT YESUS. SUKA MENGHINA AGAMA LAIN.

  19. Memang benar tulang belulang orang kristen dari pada mubazir maka dipakai untuk kayu api dineraka utuk ngebakar jiwa-jiwa yang menyangkal Tuhan yang akan ngebangkitkan orang yang percaya kepadanya.

    Sebab hanya manusia yesus waktu masih ada di dunia mengatakan di yohanes 14:1-3, bahwa doi berjanji akan memberikan tempat bagi yang percayanya.

    Dan di Alquran surat 23 AL MU’MINNUN ayat 29, Allah menyarankan dalam FirmanNya supaya umat manusia dalam do’a agar minta tempat yang diberkati kepada Tuhan.
    (Dan berdo’alah: Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat.”

    Jadi nanti setelah seseorang modar siapa Tuhan yang berwewenang memberi tempat?

    Ceritera tentang kayu api dineraka merupakan ilustrasi supaya manusia tahu apa yang di taruh disorga dan apa yang di bakar di neraka?
    Jawabnya: Jiwa manusia yang akan ditaruh atau dibakar, sedangkan tubuh tertinggal, makanya tulang belulang yang mubazir dijadikan bahan bakar !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: