Fakta-fakta Mengerikan Tentang Bersin

Anda pernah bersin ? Bersin dapat disebabkan oleh udara dingin, debu, asap, bubuk merica, dll. Bersin berguna menjaga agar hidung tetap bersih (cleansing effect). Udara yang mengembus kuat dengan tekanan tinggi dari paru-paru mendorong keluar melalui hidung dan mulut.

Bersin merupakan salah satu tindakan tubuh yang sangat rumit, dan ternyata bersin itu memiliki beberapa fakta mengerikan. Sebaiknya Anda baca dan jangan lakukan hal yang dapat memicu bahaya bersin. Berikut beberapa faktanya :

  1. Bersin merestart tubuh kita

    Pada saat kita bersin, secara refleks maka otot-otot yang ada di muka kita menegang, dan jantung kita akan berhenti berdenyut atau berhenti berdetak untuk sementara. Dan setelah kita selesai masa bersin tersebut, maka jantung kita akan berdetak kembali

  2. Kekuatan bersin

    Saat bersin, maka lendir atau benda-benda asing yang ada di mulut dan hidung akan keluar dengan kecepatan 100 mil per jam. Jika bersin terlalu keras beresiko dapat meretakkan tulang iga.

  3. Bahaya ketika menahan bersin

    Ketika Anda menahan bersin, maka Anda akan menahan tekanan bersin maka tubuh harus mengatasi perubahan akibat tekanan kuat yang masuk kembali ke dalam saluran pernapasan. Tekanan tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada gendang telinga, selain itu resiko mengalami pecah pembuluh nadi di kepala dan leher mungkin dapat terjadi

  4. Bersin mengeluarkan banyak sekali bakteri

    Ketika bersin maka tubuh akan mengeluarkan 100.000 kuman atau bakteri ke udara. Menurut John Pan, MD, kepala Pusat Pengobatan Integratif di George Washington University Medical Center, bersin yang ditahan akan memaksa bakteri kembali masuk ke dalam rongga hidung dan kanal telinga, sehingga bisa menimbulkan infeksi bagi tubuh kita.

  5. Resiko yang dialami saat membuka mata saat bersin

    Saat bersin, maka akan terjadi stres yang luar biasa pada tubuh, tekanan udara yang cukup penting terletak pada mata.Tekanan tambahan tersebut memang tidak akan membuat mata copot atau keluar (namun dapat saja terjadi). Tekanan itu akan membuat mata merasa tidak nyaman. Sehingga secara refleks seseorang akan menutup matanya saat bersin sebagai bentuk perlindungan. Jadi akan sulit untuk membuka mata saat bersin.

Itulah beberapa fakta mengerikan seputar bersin, memang mengerikan, namun jika Anda memperlakukan bersin tersebut secara normal, maka fungsi sebenarnya dari bersin tersebut akan Anda rasakan.

JoY HomeWork mengutip dari beberapa sumber :

1. http://www.detikhealth.com/read/2010/08/27/160029/1429561/766/kenapa-saat-bersin-mata-selalu-tertutup?l993306763
2. http://id.news.yahoo.com/viva/20091130/tls-mengapa-menahan-bersin-berbahaya-34dae5e.html
3. http://www.sayakasihtahu.com/2009/12/bersin.html
4. http://catatan.legawa.com/2010/02/yang-mengejutkan-dan-menarik-dari-bersin/

About these ads

6 Responses

  1. kunjungan balik ditunggu

  2. Udah lama gak berkunjung ke sini, apa kabar nih?
    Jangan lupa kunjung balik yah…

  3. info nya bagus…

  4. Terima kasih telah berkunjung ke blog kami, saat ini blog internalaudittqm.wordpress telah kami alihkan ke : http://tqmbusinessplan.wordpress.com Terima kasih.

  5. Nice info.
    Saya minta sedikit informasinya ya. Tenang saja saya kutipkan link sumber dari apa yang saya peroleh ke artikel ini. Jadi kalau ada yang baca dan ingin baca link asli bisa langsung menuju tempat ini ;) Bantu-bantu buat bahan kliping catatan pribadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: